SANTRI MADRASAH QUDSIYYAH, GELAR PERINGATAN MAULID NABI



ISKNEWS.COM-Tradisi meperingati kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam (Maulid) ternyata sudah menjadi tradisi tahunan di Madrasah Qudsiyyah Kudus. Pagi tadi, rabu (08/01) acara memperingati hari kelahiran Rasulullah itu diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Qudsiyyah (PPQ) di gedung Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK).

Acara yang diikuti Santri Madrasah Qudsiyyah mulai tingkatat MTs sampai Aliyah ini berlangsung meriah dan khidmat. Pada kegiatan tersebut, KH. M. Sya’roni Ahmadi, Nadhir Madrasah Qudsiyyah berkesempatan memberikan mauidloh hasanah.

Di hadapan lebih dari seribu santri madrasah Qudsiyyah Kudus, kyai Sya’roni menerangkan, mengenai fadhal Allah yang paling agung berlandaskan pada sebuah hadis qudsy yangmenjelaskan bahwa diciptakannya alam semester ini adalah karena Nabi Muhammad saw. Allah bersabda dalam Hadis Qudsy yang artinya jika tidak karena kamu (Muhammad), maka Aku (Allah) tidak akan menciptakan alam semeta ini. “Dari sini bisa disimpulkan bahwa pertama kali Allah yang Allah ciptakan adalah Nur Muhammad,” tambah beliau.
Lebih lanjut lagi, beliau mengatakan bahwa Abu Lahab yang jelas kekafirannya, siksanya dikurangi setiap hari Senin berkat rasa bahagianya saat kelahiran Nabi Muhammad saw. Budak Abu Lahab yang bernama Suwaibah Aslamiyah dimerdekakan kerana rasa bahagianya saat keponakannya, yakni Nabi Muhammad saw lahir. “Orang kafir saja bisa seperti itu, apalagi bila dilakukan orang muslim,” imbuhnya.

Adapun cara untuk hurmat maulid Nabi, diterangkan bisa dilakukan secara individu maupun secara rombongan banyak orang. Secara rombongan contohnya dengan menggelar peringatan maulid nabi dengan membaca al barzanji, Simtudduror dan sebagainya. Sedang secara individu bias dilakukan dengan memperbanyak membaca salawat Nabi dan juga memperbanyak mengkhatamkan Alquran. “Yang penting didasari atas rasa gembira atas kelhiaran Nabi serta rasa cinta kepada Rasul,” tandas beliau.

Maulid nabi yang berpanitiakan kelas VII MTs ini terasa sangat special, pasalnya Ust. H. Ashfal Maula membawakan sholawat-sholawat dari album terbarunya “Generasi Asnawiyah” diiringi grup rebana Al- Mubarok terasa sangat khusyu' menyentuh didalam hati.
Previous Post
Next Post

0 Comments: