Geliat Bisnis Gula Merah


ISKNEWS.COM Kudus 08/01,Sentra pembuatan gula merah dari perasan air tebu berada di ujung Utara kabupaten Kudus diantaranya di Kecamatan Bae,Dawe dan Gebog serta sebagian wilayah kecamatan Jekulo.

Gula merah tebu pada dekade terakhir sudah jarang digunakan sebagai keperluan kebutuhan rumah tangga karena telah digantikan oleh gula aren dari luar daerah.

Namun sektor gula tebu atau lebih familiar disebut gula tumbu menjadi favorite bahan baku pembuatan kecap.Tentu saja hal ini mampu memberikan kontribusi positif pada sektor tenaga kerja dan peningkatan nilai ekonomi masyarakat sekitar.

Keberadaan gula tumbu oleh beberapa pengusaha memberikan nilai tawar positif karena seluruh prosesnya menggunakan hasil olahan dan waste dari tebu sehingga mampu menekan beaya produksi membuat harga jualnya sangat kompetitif. 

Namun perlu diperhatikan pola dan kedisiplinan karyawan untuk tidak merokok atau membuang bara api walaupun kecil ke area ini karena semua yang berada di sekitar proses pembuatan gula ini banyak bahan yang mudah terbakar karena sangat kering.
Previous Post
Next Post

0 Comments: