Menjaga Keselamatan Dari Amukan Sijago Merah.

ISKNEWS.COM (2/3)Mungkin Sedulur ISK pernah mendengar kata-kata "Api, kalo kecil itu kawan tapi kalo besar jadi lawan" memang sangat tepat kata-kata itu menggambarkan betapa api dalam kehidupan sehari hari dan juga betapa berbahayanya api ketika ia sudah membesar.

Banyak sekali penyebap terjadinya kebakaran, mari kita kenali terlebih dahulu penyebap terjadinya kebakaran.
Membuang puntung rokok yang masih menyala.
 
Bagi anda yang gemar merokok usahakan jangan membuang puntung rokok sembarangan apa lagi ketumpukan sampah yang kering, matikanlah bara api terlebih dahulu sebelum membuangnya.
Kongseleting Listrik.
 
Hal ini juga sering mengakibatkan terjadinya kebakaran, entah karena usia kabel sudah tua atau karena gigitan hewan pengerat sehingga kabel dapat tetkelupas lalu terbakar dan menimbulkan api, sebaiknya ganti semua kabe dirumah anda yang sudah berusia tua.
Lilin.
 
Ketika terjadi pemadaman listrik dimalam hari sering kali lilin digunakan sebagai cahaya pengganti tapi sering terjadi kesalahan dalam meletakan lilin tersebut sehingga terjatuh dan membakar benda disekitarnya , letakanlah lilin pada tempat yang aman dan jauh dari benda yang mudah terbakar (alasi lilin dengan mangkuk keramik agar tidak terjatuh)

:: Kebocoran Gas. 
Kebocoran gas juga dapat mengakibatkan kebakaran dan juga diawali dengan ledakan, selalu awasi tabung gas anda dan lihat selang tabungnya jika sudah terlihat retakan pada karet selang segera ganti yang baru.

:: Kompor Meleduk.
Meskipun sudah tidak banyak pemakainya tetapi dulu kompor juga menjadi penyebap terjadinya kebakaran yang paling sering terjadi.

:: Sekarang mari kita bahas 
TIPS MENYELAMATKAN DIRI ANDA SEKELUARGA DARI AMUKAN SIJAGO MERAH.
Pastikan rumah anda memiliki dua pintu keluar dan jendela disetiap ruangan dirumah anda sebagai akses keluar diasaat darurat kebakaran.

Letakan kunci pintu cadangan ditempat yang mudah diambil seperti didekat pintu.
Belilah Alat pemadam api ringan dan letakan didekat dapur (80% kebakan terjadi didapur)
Bila Kebakaran Terjadi.

Segera telpon pemadam kebakaran.
Segera selamatkan keluarga anda ketempat yang aman.
Jika anda pernah mendengar kata-kata "Api, kalo kecil itu kawan tapi kalau masih sempat menyelamatkan barang berharga bawalah barang yang penting dan mudah dibawa seperti surat-surat penting anda.

Lakukan pemadaman api bersama warga lain sampai mobil pemadam kebakaran datang kelokasi.
Jika anda pernah mendengar kata-kata "Api, kalo kecil itu kawan tapi kalo terjebak didalam rumah yang terbakar yang harus anda lakukan adalah jangan panik dan segera mencari selimut untuk menutupi tubuh anda dari panasnya suhu dan bergegas keluar melalui pintu keluar atau jendela terdekat.

Jangan sungkan untuk memecahkan kaca jendela anda untuk keselamatan diri anda.
Ketika berada didalam rumah yang terbakan oksigen akan cepat sekali habis jadi segera keluar untuk mencegah anda pingsan saat terjadi kebakaran, jangan lupa tutuplah hidung untuk mencegah debu dan asap yang masuk kepernafasan.

Ini adalah beberapa tips untuk menghadapi sijago merah. Ingatlah dan selalu bekali anak dan istri anda bagai mana cara menyelamatkan diri dari amukan sijago merah, dan bagi anda yang memasangi rumah anda dengan teralis yang sangat rapat maka berhati hatilah bila terjadi kebakaran, karena mungkin teralis yang dimangsutkan untuk mencegah pencuri tidak masuk rumah justru akan menjadi penjara mematikan ketika terjadi kebakaran.
 
Semoga tulisan saya kali ini bisa bermanfaat untuk menjaga keselamatan anda dari amukan sijago merah.
Presented by : Inayatul Prasetya
Previous Post
Next Post

0 Comments: