Ontong atau Jantung Pisang


Siapa sangka ” Ontong / Jantung Pisang” yang sering terbuang setelah diambil pisangnya bisa dimanfaatkan menjadi menu favorit. Ontong bisa menjadi menu oseng, pepes, campuran sambal. Akan lebih enak dengan rasa pedas, bagus untuk penambah nafsu makan.

Dari beberapa pihak yang belum pernah mencicipi menu satu ini, seperti terlihat asing memang. Banyak timbul pertanyaan “Layakkah untuk dimakan??” Jawabnya “Istimewa”. “Halal” karena dari Ontong ini tergolong “nabati”.
Khasiat Ontong ini sendiri mengandung , karbohidrat, protein, mineral, serat pangan yang tinggi. Baik bagi penderita diabetes, mengikat lemak dan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Dari rasa hampir mirip seperti Gori (nangka muda). Bagian Ontong yang cocok untuk dimasak adalah bagian dalam karena daging Ontong bagian dalam lebih empuk. Kupas Ontong bagian luar dan ambil daging Ontong bagian dalam dengan warna cenderung putih pucat. Cara memasak baik dengan merebus untuk dibuat semur/pepes. Dibakar untuk campuran sambal.

Yang belum pernah cicipi, monggo..............

#Ries
Previous Post
Next Post

0 Comments: