Hari Pahlawan


Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dan Bangsa tanpa pahlawan sama artinya Bangsa yang tak memiliki sebuah kebanggaan. Jika sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa dibanggakan, maka bangsa itu adalah bangsa yang tak memiliki harga diri. Bahkan bisa menjadi sebuah bangsa kelas teri, diremehkan oleh bangsa-bangsa lain.

Adanya seorang Pahlawan menjadi sangat penting karena ia akan memberikan suatu inspirasi dan motivasi. Inspirasi untuk selalu memperbaiki kondisi bangsa ini. Dan memotivasi agar bangsa ini terus bangkit, dan menjadi suatu bangsa yang bisa dibanggakan.

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan. Karena pada saat itulah para pejuang kemerdekaan bangsa kita bertempur dengan gagah berani bermodalkan bambu runcing untuk melawan tentara Inggris di Surabaya. Padahal saat itu kita hanya mempunyai beberapa pucuk senjata api, selebihnya para pejuang menggunakan bambu runcing.

Peringatan hari pahlawan tidak sekedar bersifat hanya seremonial saja. Namun perlu adanya peresapan yang lebih dalam dan menyatu dalam jiwa yang bisa kita sebut dengan jiwa nasionalisme.
Perlu adanya makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Selanjutnya Rela berkorban untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan yang tak kenal lelah.

Karena itulah setiap 10 November diperingati hari pahlawan demi untuk mengenang jasa-jasanya. Dalam mengisi kemerdekaan pun kita dituntut untuk menjadi pahlawan untuk di masa sekarang dan yang akan datang. Mari kita bangkit untuk menciptakan pahlawan-pahlawan baru dengan model gaya sekarang untuk generasi yang akan datang dan tercipta satu kesatuan yang utuh dalam NKRI.

#bagus
Previous Post
Next Post

0 Comments: