Stok Logistik Korban Bencana Alam Di BPBD Kudus Beras, Mie Instan, Minyak Goreng Dan Makanan Siap Saji


KUDUS, isknews.com – Kesiapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, baik banjir atau tanah longsor, bisa dikatakan sudah siap sepenuhnya, dan segera bertindak jika sewaktu-waktu bencana itu terjadi. Diantara kesiapaan itu, termasuk ketersediaan atau stok logistik yang diperuntukkan bagi para korban bencana alam di Kabupaten Kudus.
Kepala Kantor BPDB Kabupaten Kudus, Bergas C Penangungan, yang dihubungi isknews.com, Rabu (25/11), membenarkan hal itu. Tanpa menyebut secara jumlah logistik yang disimpan di gudang yang disediakan khusus, logistik yang tersedia bagi para korban banjir itu, terdiri atas beras, mie instan, minyak goreng dan makanan siap saji atau kalengan. “Jumlahnya lebih dari cukup, dan itu belum termasuk yang kini sedang dalam proses pengiriman dari BPBD Provinsi Jawa Tengah.”

Selain bahan makanan, ungkapnya lanjut, bantuan untuk korban banjir juga ada sabun, peralatan mandi, pempers untuk balita, dan selimut, tenda, juga alas untuk tidur atau matras.
Sejumlah peralatan memasak juga sudah siap, berupa beberapa buah dandang lengkap dengan kompos gas dan tabung gas elpiji. Semua itu adalah untuk dapur umum, yang akan dibuka di tempat pengungsian, baik di desa atau pun di kota. “Jadi secara prinsip, kami sudah siap, karena bagi BPBD yang mempunyai 100 personil, ditambah 150 relawan, tersebar di kecamatan-kecamatan rawan banjir, tiada hari tanpa siaga bencana,” tegas Bergas.

Mengenai tempat pengungsian, terkait dengan sedang direnovasinya GOR Wergu Wetan, sebagai alternatif, adalah Gedung Ngasirah, dan Gedung JHK. Selain itu juga Gedung Haji di Kecamatan Undaan. “Tempat-tempat itu disiapkan, apabila balai desa di desa-desa yang tertimpa bencana banjir, tidak mampu menampung pengungsi.” (DM) http://bit.ly/1Yv5boM
Previous Post
Next Post

0 Comments: