Potret Kehidupan Malam Kota Kudus


Kudus_isknews.com - Sehari dalam 24 jam kita adalah sebuah perjalanan waktu yang selalu melahirkan cerita pada setiap detiknya. Tak pasti mulai kapan dunia ini melahirkan cerita. Yang jelas setiap kali matahari terbit satu mili, saat itu pula satu persatu kisah kehidupan mulai dilahirkan. Bahkan ketika tidur pun, kita tak berhenti menuliskan cerita, mungkin mimpi atau ingatan-ingatan lama yang tanpa sadar datang kembali. Dunia ini tak pernah lupa untuk berkisah, seperti halnya setiap jengkal dan sudut tempat di kota ini yang selalu meninggalkan cerita.
Kudus memang bukanlah kota yang tak pernah tidur. Meski menjadi kota kecil penghasil rokok di Indonesia, kudus juga tidur ketika malam sudah sangat tua. Hanya beberapa sudutnya saja yang tetap terjaga bersama beberapa pelaku kehidupan malam yang memilih tetap bergerak meski banyak orang sudah terlelap.
Tapi sebelum terlelap di tengah malam, kota ini selalu menampilkan cerita dan wajah manis yang membuat orang merasa senang menutup hari di sini. Dari mulai PKL yang menjajakan makanannya di sepanjang bibir simpang 7 sampai komunitas anak motor yang berjajar disepanjang jalanan kota.
Bagi pelaku kehidupan malam, tentu sudah tak asing lagi dengan angkringan “Constrecx”, angkringan yang berjualan lebih dari 20 tahun ini menjadi saksi kehidupan malam kota kudus kususnya di seputaran simpang 7. Nama constrecx sendiri bukan berasal dari nama penjual, namun nama pemberian dari pemuda yang sering kumpul dan nongkrong di skitar simpang 7 kala itu yaitu Conspirasi Anak Trecx.
Constrex sendiri tak pernah sepi dari pengunjung, silih berganti pelanggan setianya mulai berdatangan. Mundhofar yang akrab dipanggil Mumun selaku penjual selalu setia menemani dengan menjajakan barang dagangannya, ia berjualan mulai habis manghrib sampai menjelang subuh. Saking banyaknya pelanggan, terkadang kejadian tak menyenangkan pun ia alami, mulai dari pemabuk, pertengkaran, sampai yang mencoba membawa gelasnya pun ada. Namun ia tetap setia dan selalu sabar dan senyum dalam menghadapinya.
Setiap malam selalu ada cerita tersendiri yang menghiasi kehidupan malam, Menyusuri kota dengan kuda besi dengan menatap sekilas jiwa yang tersembunyi. Mereka menyulam, Bertarung, atau meninggalkan harapan di sudut-sudut jalan.
‪#‎L_R‬
Previous Post
Next Post

0 Comments: