Masihkah Ada Indonesia Di Dada Mu?

Oleh : Djati Sholikhah Kakant Kebangpol Pemkab Kudus

Pertanyaan seperti itu saat ini mungkin bukan merupakan “ sesuatu” yang menarik, karena saat ini masih banyak issue – issue politik atau gossip – gosip infotaiment lebih menarik untuk dibahas di kalangan masyarakat apalagi bagi generasi muda, dibandingkan dengan issue seputar merosotnya rasa nasionalisme di tengah masyarakat. Akibatnya tidak banyak orang bahkan mungkin hanya segelintir saja dari kita warga Negara Indonesia yang menaruh perhatian dari masa ke masa, dari pemerintahan satu ke pemerintahan berikutnya.

Saya sedih, manakala saat ini banyak orang yang tidak peduli lagi dengan dasar Negara kita “ Pancasila” jangankan hafal dan mampu memaknai sila - sila dari pasal demi pasalnya, mungkin untuk menyebutkan secara lisan disertai menunjukkan lambangnya saja juga tidak bisa, kesedihan kedua adalah bagaimana sekarang masyarakat memperlakukan terhadap bendera kebangsaan kita “ Sang Merah Putih “? Lihat saja saat negara memiliki agenda nasional yang mengharuskan setiap rumah penduduk harus memasang bendera sang merah putih di halaman rumahnya, maka apa yang terjadi??...hampir dapat dipastikan beberapa di antara mereka memasang bendera yang warnanya sudah tidak layak karena sudah pudar, atau tiangnya memakai batang sapu yang sudah rusak, diikatkan di pagar, dsb.

Padahal rumah mereka tampak dari luar di dalam garasinya terdapat beberapa unit mobil dan sepeda motor. Lebih ironis lagi kami pernah menjumpai beberapa instansi pemerintah kondisi benderanya juga tidak layak, bukan hanya warna yang pudar, melainkan di ujung bendera sudah robek….lokasi instansi pemerintah tersebut berdekatan dengan Kantor Koramil yang nota bene-nya kantornya Aparat TNI simbol penjaga NKRI.

Rasa nasionalisme sekarang bergeser mungkin bukan lagi menjadi prioritas atau sesuatu yang menarik, oleh karenanya kepada para penyelenggara negara, kami ingin mengajak semua untuk merenungkan kembali. Masihkah ada Indonesia di dada mu? Bagaimana kita dapat mengajak untuk menanamkan rasa nasionalisme dan membangkitkan kembali cinta tanah air?? jikalau dari diri kita sendiri tidak pernah ada prioritas untuk membuat nasionalisme itu menjadi sesuatu yang menarik dan atau punya tanggung jawab kewajiban menjaga komitmen kepada para pendiri republik ini, maka mau dibawa kemana negeri kita tercinta ini?

Salam………….
Kantor Kesbangpol dalam TA.2015 akan melaksanakan beberapa kegiatan penunjang untuk mencegah merosotnya nilai nasionalisme, antara lain :
1. Kegiatan Pembinaan Pendidikan Bela Negara;
2. Kegiatan Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai - nilai luhur Budaya dan Bangsa;
3. Kegiatan Seminar, Talk Show, Diskusi Peningkatan Wawasan Kebangsaan.
Admin
Previous Post
Next Post

0 Comments: