Seminar Hasil Penelitian Sejarah Sunan Muria


Kudus-Sekitar 100 peserta mengikuti kegiatan seminar Hasil Penelitian sejarah Sunan Muria yang diselenggarakan oleh LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) IAIN Walisongo di Hotel Graha Muria, Rabu 17/12. Seminar yang dihadiri dari berbagai tokoh agama dan kalangan Akademisi ini, ditemani dari berbagai Narasumber yang telah mengkaji penelitiannya yaitu, Anasom, Ketua LP2M, Dr Neli Anafah (UIN Walisongo), Taufiq Haris Dosen FKIP (Gresik) dan Prof. Joko Suryo Dosen UGM. 

Anasom yang dalam hal ini sebagai ketua Tim penelitian menyatakan menelusuri perjuangan dakwah seorang wali yang masa hidupnya sudah sangat lama, tidaklah mudak. Tetapi berbagai motivasi terus datang yang mendukung menerima tugas, sehingga tantangan itu sanggup diterima. 

''Penelitian sejarah ini, kami menggunakan berbagai metode, yaitu Heuristik (Pencarian Sumber), Kritik (Pemilahan Sumber), Interpretasi (Penafsiran Fakta) dan Historiografi (Penulisan Sejarah)''Ujar Anasom. Selanjutnya, setelah adanya seminar ini tim Penelitian LP2M bermaksud akan membukukan sejarah perjuangan sunan Muria setelah 500 tahun berlalu.

@Rya
Previous Post
Next Post

0 Comments: