Peran Komunikasi Visual Dalam Pembelajaran

Komunikasi dapat terjadi dimanapun dan kapanpun yang mampu menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia, mau atau tidak mau dimanapun adanya selalu tersentuh dengan komunikasi. Bidang-bidang seperti, manajemen, administrasi, hukum, matematika, biologi, bahkan pendidikan itu sendiri tidak dapat dipisahkan dengan komunikasi dalam pengembangannya.

Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang dari satu wilayah kewilayah lain dapat menjangkau jaringan komunikasi yang bervariatif. Di era yang seperti ini, dalam mengkomunikasikan ide atau pun gagasannya, tidak hanya menggunakan tekhnik Verbal yang seperti pada umumnya. Akan tetapi suatu objek yang jauh letaknya dari tempat kita berada dan kita tidak mungkin menjangkaunya secara langsung, dapat “diindera” melalui visualisasi obyek tersebut, misalnya direkam atau digambarkan dalam bentuk film atau video.

Maka dari itu, salah satu peranan visual dalam pembelajaran adalah sebagai sarana untuk menyediakan atau memberikan referensi yang konkret tentang sebuah ide. Kata-kata tidak dapat mewakili atau menyuarakan benda karena visual bersifat iconic. Beberapa manfaat visual dalam pembelajaran antara lain, visual dapat memotivasi para pelajar dengan cara menarik perhatian mereka, mempertahankan perhatian serta mendapatkan respon-respon emosional. Selain itu, visual juga dapat menyederhanakan informasi yang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata.

@Rya
Previous Post
Next Post

0 Comments: