Kudus UMKM Expo 2014, Ajang Promosi Potensi Daerah

KUDUS - Mengikuti jejak sukses penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, pameran potensi dan produk unggulan sekabupaten Kudus kembali digelar. Kali ini pameran tersebut diberi tajuk Kudus Expo 2014. Pameran yang mengedepankan beragam potensi industri, koperasi dan UMKM masyarakat Kudus ini berlangsung dari tanggal 31 Oktober4 November 2014 di alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Berbagai produk unggulan dan khas pun ditampilkan, dari mulai batik Kudus sampai biola yang terbuat dari bambu, yang diharapkan dapat menginspirasi pelaku UMKM yang lain. 

Pada dasarnya, pameran ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para pelaku usaha, khususnya UMKM untuk dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas hingga tingkat regional bahkan nasional. Selain itu diharapkan agar melalui even ini, dunia UMKM di Kudus mampu menjadi industri yang kreatif. Untuk itu Bupati Kudus, H.Musthofa dalam sambutannya, berharap bahwa pameran ini jangan sekedar melaksanakan kewajiban. “Semua harus dilakukan secara sadar bahwa ini adalah untuk kepentingan kita bersama. Sehingga dibutuhkan dukungan semua stakeholder yang ada di Kudus, tidak cukup hanya dilakukan oleh kalangan birokrasi saja”, ujarnya. Dirinya secara khusus menggaris bawahi peran media. Dengan bantuan dan kerjasama dengan pihak media, bersama-sama mengangkat semua potensi yang ada di Kudus ini agar dapat berkembang secara maksimal.

Bupati berpesan agar even ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin agar dapat mendatangkan manfaat bagi warga Kudus. “Pameran ini sejatinya adalah milik warga Kudus”, sebutnya.

Menurut keterangan Plt. Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Kudus Bambang Tri Waluyo, terdapat ribuan UMKM yang tersebar di 9 kecamatan. Tercatat sebanyak 11.659 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kudus yang berasal dari berbagai sektor produk/jasa. “Maka pameran ini merupakan wadah yang tepat untuk untuk mempromosikan produk-produk unggulan yang dimiliki Kudus”, katanya. Total terdapat 70 stan, yang terdiri dari para pelaku UMKM, perbankan dan koperasi, hingga para alumni BLK. Pembukaan Kudus UMKM Expo 2012 tersebut berlangsung cukup meriah, ditandai dengan penekanan sirine oleh Bupati Kudus bersama-sama forkopinda. 
Sumber:Humas 
 
@Rya          
Previous Post
Next Post

0 Comments: