Waspada Dengan Datangnya Musim Penghujan



Kudus_isknews.com - Sebentar lagi, musim kemarau panjang akan berganti dengan musim penghujan. Malahan, di beberapa daerah sudah turun hujan. Nah, peralihan dari musim panas ke musim hujan atau yang biasa disebut dengan musim pancaroba, ternyata rawan menyebabkan terjadinya penyakit.
Perubahan cuaca yang terkadang ekstrem menjadi penyebabnya. Ketika siang hari, matahari bersinar sangat terik sehingga cuaca terasa amat panas. Namun, ketika petang atau bahkan siang hari, cuaca dapat berubah seketika menjadi hujan dan udara pun menjadi terasa dingin. Perubahan udara dan temperatur yang cepat berubah itu, sedikit banyak berpengaruh pada tubuh. Sebab, tubuh kita akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas daya tahan tubuh terhadap penyakit akan berkurang.

Imbasnya, orang akan mudah sakit di musim pancaroba dibanding di musim yang temperaturnya relatif stabil.
Orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah paling rentan terkena penyakit. Apalagi bagi mereka yang setiap hari berisiko kehujanan di jalan. Musim pancaroba juga rentan menyerang balita dan orang lanjut usia. Mulai batuk, demam, masuk angin, hingga penyakit pencernaan seperti diare, tifus hingga demam berdarah (DB) serta chikungunya.

Kemunculan penyakit-penyakit tersebut kasusnya menjadi tinggi pada awal perubahan musim (pancaroba) karena banyaknya debu, dan juga kotoran yang menimbulkan bakteri dan virus penyebab penyakit. Juga tak lepas dari pola mengonsumsi makanan-minuman seperti es dan jajanan yang dijual sembarangan.
Untuk menjaga kesehatan, pastikan tubuh mendapatkan asupan yang cukup dengan mengonsumsi makanan bergizi. Bisa juga mengonsumsi suplemen tepat yang mampu menguatkan daya tahan tubuh kita. Juga perbanyak minum air putih dan mengurangi minum minuman dingin karena dapat menurunkan daya tahan tubuh kita terhadap peralihan cuaca. Termasuk juga mengurangi jajan sembarangan, istirahat cukup, dan menyempatkan olahraga ringan di pagi hari.
Selamat menyambut datangnya musim pancaroba. Semoga kita bisa menjaga kesehatan.
‪#‎L_R‬
Previous Post
Next Post

0 Comments: